Music Player

Thursday 9 January 2014

Kanker Mata

Oleh Dr Ananya Mandal, MD
Mata kanker, sebagai nama menyarankan dimulai di mata. Mata terdiri dari berbagai struktur yang lebih kecil masing-masing yang dapat terpengaruh.
Kanker atau tumor pada dasarnya adalah pertumbuhan tak terkendali dari setiap sel tertentu atau kelompok sel. Tumor ini mungkin jinak (non-kanker) atau ganas (kanker).
Tumor kanker tumbuh cepat, cepat menyebarkan dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati. Mata kanker seperti mata lain penyakit diperlakukan oleh dokter dan jumlah ahli onkologi (kanker spesialis).

Anatomi mata

Mata normal memiliki tiga bagian dasar (1, 2)
  1. Eyeball atau dunia. Itu diisi dengan jeli seperti bahan yang disebut vitreous humor.
  2. Terkait struktur mata. Ini termasuk-
    • Conjunctiva-transparan sampul tipis atas mata
    • Sclera-tutup sulit eyeball atau putih mata
    • Uvea lapisan tengah meliputi bola mata. Ini memiliki tiga bagian-
      1. Murid dan iris yang bertindak sebagai cahaya apertur
      2. Badan ciliary pengendali pembukaan papillary
      3. Chorid yang adalah pigmented dan memelihara retina
    • Retina yang membentuk gambar kornea-lapisan jelas transparan atas murid yang memungkinkan cahaya
    • Lensa kristal organ non-seluler dan keras yang memungkinkan pandangan
    • Saraf optik yang membawa informasi gambar dari retina ke otak untuk pemandangan.
  3. Orbit atau rongga yang membawa bola mata
  4. Struktur Adnexal seperti bulu mata, air mata kelenjar dll.

Jenis kanker

Kanker mata mungkin dua jenis utama: berkelanjutan dan adnexal (1, 2)

Berkelanjutan-

  1. Dasar berkelanjutan-kanker yang dimulai di dalam bola mata. Ini termasuk Melanoma utama berkelanjutan limfoma, retinoblastoma, medulloepithelioma.

  2. Melanoma adalah tipe yang paling umum kanker berkelanjutan utama pada orang dewasa. Itu dimulai dalam sel-sel pigmen berwarna atau mata dan mengalikan cepat dan tak terkendali.
    Melanoma dapat mempengaruhi beberapa bagian dari mata-Uvea, koroid atau Conjunctiva.
    Uveal melanoma adalah bentuk paling umum berkelanjutan melanoma. Hal itu dapat mempengaruhi tubuh ciliary choroid, sebagai baik iris. Biasanya tumor yang sedang tumbuh lambat dan memiliki hasil perawatan yang baik. Uveal melanoma jarang menyebar ke bagian lain.
    Konjungtif melanoma adalah tumor dari conjunctiva. Menyebar cepat ke bagian lain melalui saluran limfatik. Ini adalah sebuah bentuk langka melanoma mata.
    Choroid melanoma kurang umum. (3)
    Limfoma berkelanjutan umumnya kondisi langka dan diyakini hampir selalu bentuk Limfoma sistem saraf pusat atau Non-Hodgkin Limfoma.
    Limfoma secara umum mungkin Hodgkin atau Non-Hodgkin dalam jenis. Sementara Limfoma Hodgkin mempengaruhi darah, Non-Hodgkin Limfoma dapat mempengaruhi situs lain seperti otak, paru-paru atau mata.
    Ini biasanya dimulai pada sel-sel sistem kekebalan yang disebut limfosit. Mereka biasanya mempengaruhi orang tua atau individu yang memiliki kekebalan rendah atau masalah sistem kekebalan lain seperti orang-orang yang terkena sindrom dapatan (AIDS).
    Retinoblastoma adalah kanker mata masa kanak-kanak. Ini mempengaruhi retina. Hemangioma adalah tumor pembuluh darah mata. Ini langka.
  3. Menengah berkelanjutan-kanker ini dimulai pada lokasi yang berbeda dan menyebar ke mata. Situs jauh kanker yang umum yang dapat menyebabkan kanker sekunder mata adalah kanker paru-paru dan dada.

Adnexal

Adnexal atau orbit kanker-kanker ini mempengaruhi adnexa (struktur sekelilingnya) atau orbit. Mereka terutama mempengaruhi kulit, otot dan saraf di sekitar bola mata.
Karsinoma kelopak mata dapat mempengaruhi kulit dan otot-otot kelopak mata dan mungkin dapat pembedahan ketika terdeteksi. Ini pada dasarnya skuamosa atau sel basal jenis kanker kulit.
Kelenjar lacrimal tumor mempengaruhi kelenjar air mata. Kanker ini biasanya mirip dalam patologi dengan kanker kulit lainnya.
Tingkat pertumbuhan mereka, keganasan dan kemampuan untuk menyebarkan juga mirip dengan kanker kulit. Jika terdeteksi dini kanker ini dapat dihilangkan pembedahan dan menawarkan prognosis baik atau hasil.
Meskipun mata kanker dan tumor jarang fatal Jika terdeteksi dini, mereka dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan.
Kanker sekunder mata dari kanker utama lainnya juga dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan. Tujuan utama terapi adalah kelangsungan hidup dan usaha-usaha dilakukan untuk melestarikan penglihatan.

Tidak ada penyebab pasti dari kanker mata .
Namun, ada faktor-faktor risiko tertentu yang berhubungan dengan kanker mata.Individu dengan sifat-sifat ini lebih rentan untuk mengembangkan kanker ini.
Namun tidak ada hubungan langsung dengan faktor-faktor risiko. Ini berarti bahwa semua orang yang memiliki faktor risiko ini mungkin tidak mengembangkan kanker mata.Menyadari faktor-faktor ini, bagaimanapun, dapat membantu pilihan gaya hidup sehat dan menghindari eksposur berbahaya tertentu.

Faktor risiko yang terkait dengan melanoma intraokular

Intraokular melanoma adalah bentuk paling umum dari kanker mata . Faktor risiko umumnya terkait dari jenis mata kanker adalah (1, 2, 3, 4): -
  1. Ras atau etnis - bule atau kulit putih berada pada risiko yang lebih tinggi melanoma daripada Amerika Afrika atau Asia Amerika. Whites juga pada risiko yang lebih tinggi melanoma kulit. Melanoma mata mengikuti pola yang sama dalam hal hubungan risiko.
  2. Umur - melanoma intraokular primer biasanya terjadi setelah usia 50. Hal ini jarang terjadi pada anak-anak dan orang-orang yang lebih dari 70 tahun.
  3. Sex - melanoma mata mempengaruhi baik pria dan wanita dengan frekuensi yang sama.
  4. Warna mata atau iris - Mereka yang memiliki mata berwarna terang telah mengangkat risiko melanoma intraokular. Di antara mereka biru, abu-abu atau hijau atau perorangan bermata cahaya berada pada risiko yang lebih tinggi daripada individu bermata coklat. Alasan yang sebenarnya tidak diketahui tetapi berspekulasi bahwa penilaian risiko mirip dengan kulit putih menjadi lebih rentan terhadap kulit dan melanoma mata.
  5. Paparan sinar matahari - Terlalu banyak paparan sinar matahari atau paparan ultraviolet (UV) sinar (baik dari matahari atau tanning beds) meningkatkan risiko melanoma kulit. Hal ini benar terutama di Kaukasia dan kulit putih. Tidak ada bukti bahwa bagaimanapun hal ini berlaku untuk mata melanoma tapi kekhawatiran bahwa asosiasi serupa mungkin benar untuk melanoma mata.
  6. Kondisi warisan - Mereka yang memiliki kondisi seperti sindrom nevus displastik berada pada risiko yang lebih tinggi melanoma mata. Orang-orang ini memiliki lebih dari 100 tahi lalat berbentuk dan berukuran normal pada kulit mereka. Mereka dengan bintik-bintik cokelat abnormal pada uvea yang disebut nevus dari Ota juga berisiko terkena melanoma mata. Nevi atau mol di sekitar atau di dalam mata juga meningkatkan risiko melanoma mata. Individu dengan bintik-bintik cokelat di atas uvea dalam kondisi yang disebut oculodermal melanocytosis berada pada risiko yang lebih tinggi dari mata melanoma juga. Melanoma mata juga dapat diwariskan dan dapat berjalan di beberapa keluarga.
  7. Bahaya kerja - pekerja Pekerja seperti petani, nelayan, tukang las, atau kimia dan laundry memiliki risiko lebih besar terkena melanoma mata.

Faktor risiko yang terkait dengan jenis kanker mata

  1. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau ditekan seperti mereka dengan acquired immunodeficiency syndrome (AIDS), orang-orang pada obat anti-penolakan setelah transplantasi organ atau orang tua berada pada risiko yang lebih besar intraokular utama limfoma .Kadang-kadang risiko limfoma mata dimunculkan oleh infeksi dengan bakteri yang disebut Chlamydophila psittaci. Bakteri ditangkap dari hewan domestik yang terinfeksi seperti kucing dan burung. Hal ini menyebabkan infeksi paru-paru dan radang konjungtiva atau konjungtivitis. Bakteri ini dikaitkan dengan limfoma adneksa malt.
  2. Risiko kanker sel skuamosa mata juga meningkat dengan kekebalan tertekan.Mereka dengan infeksi HIV AIDS dan obat-obatan yang menekan kekebalan berada pada risiko yang lebih tinggi.Kadang-kadang Human papilloma virus (HPV) dapat menginfeksi mata menyebabkan karsinoma sel skuamosa mata. Virus ini terkait dengan kanker leher rahim dan mulut. Paparan sinar matahari dan UV juga meningkatkan risiko jenis kanker mata.
  3. Sarkoma Kaposi mata lebih sering terjadi pada orang dengan HIV atau AIDS. Tumor ini jarang terjadi.
  4. Retinoblastoma - Kanker jenis ini mempengaruhi mata anak-anak. Risiko penyakit ini dilakukan dalam rusak gen . Penyakit ini diwariskan dan dengan demikian menyebabkan hilangnya penglihatan atau bahkan kematian anak jika tidak terdeteksi dan diobati dini.
Kebanyakan kanker mata memiliki satu set sama gejala. Namun, beberapa gejala mungkin khusus untuk beberapa jenis kanker mata .

Gejala klasik kanker mata

Gejala klasik kanker mata meliputi (1, 2, 3, 4) -
  • Mengaburkan visi - kabur awal visi mungkin sering diabaikan atau disalahkan pada kesalahan refraktori memerlukan kacamata. Gejala yang tampaknya tidak berbahaya ini perlu ditindaklanjuti terutama di kalangan mereka yang memiliki faktor risiko untuk mata kanker oleh dokter mata untuk mendeteksi kanker mata secara dini.
  • Berkedip atau bintik-bintik di bidang visual. Pasien mungkin melihat garis, titik mengambang, wiggly garis, atau bintik-bintik di depan mata mereka. Gejala ini umum dengan segudang gangguan mata seperti katarak dll Mereka perlu evaluasi hati-hati untuk mengecualikan kanker mata terutama di kalangan mereka yang berisiko.
  • Kerugian penuh atau sebagian dari pandangan mata - Kadang-kadang mungkin ada "blinkering" - visi di sekitar pinggiran hilang. Visi sering yang serupa dengan kuda dengan penutup mata. Ini mungkin ada beberapa pasien yang melihat seperti melalui sebuah terowongan. Ini disebut visi terowongan. Visi semakin lengkap hilang.
  • Nyeri pada atau di sekitar mata. Hal ini terjadi terutama karena tekanan yang diberikan oleh tumor pada mata. Nyeri langka di sebagian besar kanker mata. Hal ini terjadi ketika kanker mempengaruhi struktur adneksa, saraf atau menyebar ke bagian lain.
  • Melotot mata. Hal ini dapat dilihat pada anak dengan retinoblastoma.
  • Perubahan penampilan mata yang terkena
  • Tempat atas mata atau tahi lalat di atas iris mungkin tampak telah tumbuh dalam ukuran atau berubah dalam penampilan.

Gejala melanoma intraokular

Intraokular melanoma mungkin sering hadir tanpa gejala.
Pasien-pasien ini dapat didiagnosis pada pemeriksaan mata secara teratur oleh dokter mata.
Tanda pertama dari melanoma mungkin sering menjadi kerugian lengkap visi yang benar-benar menyakitkan.
Mereka dengan sindrom nevus displastik atau nevi atau mol di sekitar mata perlu pemeriksaan mata rutin tahunan untuk mengecualikan pembentukan melanoma dan mendeteksi penyakit sejak dini.

No comments:

Post a Comment