Music Player

Friday 7 August 2015

Cara Mengobati Nyeri Perut Saat Datang Bulan

Nyerit perut saat datang bulan suka bikin aktivitas kamu terganggu?  Sebagian wanita, khususnya yang masih gadis pasti kesel kan kalau aktivitasnya terganggu gara-gara mesti nahan sakit pas datang bulan? Jangan khawatir ada jalan keluarnya ko. 
Tapi kenapa ya harus mengalami nyeri saat haid? Ada banyak sekali teori yang mencoba untuk menjelaskannya. Teori yang paling mendekati menyatakan bahwa saat menjelang haid tubuh wanita menghasilkan suatu zat yang disebut prostaglandin. Zat tersebut mempunyai fungsi yang salah satunya adalah membuat dinding rahim berkontraksi dan pembuluh darah sekitarnya terjepit (konstriksi) yang menimbulkan iskemi jaringan. Intensitas kontraksi ini berbeda-beda tiap individu dan bila berlebihan akan menimbulkan nyeri saat haid. Selain itu prostaglandin juga merangsang saraf nyeri di rahim sehingga menambah intensitas nyeri. Prostaglandin juga bekerja di seluruh tubuh, hal ini menjelaskan mengapa ada gejala-gejala yang menyertai nyeri saat haid.
Nah kalau udah kayak gitu mungkin ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri perut saat haid. Seperti mengkompres dengan botol hangat tepat pada bagian yang terasa keram, atau mandi dengan air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menangkan diri. Kamu juga bisa minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi. Jika merasakan sakit yang berlebih coba ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah, karena hal ini bisa membantu relaksasi. Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.
Jangan bergantung pada obat yang dijual di pasaran ya. Apabila keluhan nyeri dapat dihilangkan dengan cara sederhana maka hal itu jauh lebih baik daripada penggunaan obat-obatan, karena obat-obatan akan menimbulkan ketergantungan terhadap efek penghilang nyeri dan menimbulkan efek samping. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter agat lebih jelasnya. Satu hal yang paling utama adalah pola hidup sehat demi kenyamanan hidup kamu, selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment